BERANDA > Ibadah Keluarga Mingguan
 
 
 

Ibadah Keluarga Mingguan


Minggu Ke-51

Percaya Akan Kebesaran Kasih Tuhan

 

DOA PEMBUKA

Allah Bapa sumber pengharapan, kami bersyukur kepada-Mu atas anugerah kebersamaan sebagai keluarga yang senantiasa kami alami. Kami mohon terang Roh Kudus- Mu untuk membantu kami dalam mendengar dan merenungkan Sabda-Mu. Doa ini kami sampaikan kepada-Mu dengan perantaraan Yesus Kristus Putra-Mu yang hidup dan meraja bersama Bapa dalam persekutuan dengan Roh Kudus kini dan selamanya. Amin.

 

BACAAN: Lukas 1:39-45

Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda. Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

 

RENUNGAN

“Berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana.” Elisabeth yang penuh dengan Roh Kudus menyampaikan keyakinannya bahwa Allah akan menepati janji- Nya. Perjumpaan dua wanita yang terpilih bukannya menyombongkan diri masing-masing. Mereka saling memuji, tetapi pada akhirnya mereka memuji Allah. Hal yang secara manusiawi mustahil, telah terjadi atas mereka. Semua itu terjadi karena kebesaran-Nya. Semua terjadi karena Allah yang begitu mencintai dan memenuhi janji-Nya. Dan mereka yang setia kepada Tuhan akan bahagia.

Maria dan Elisabeth menjadi contoh bagi kita bagaimana setia dalam pengharapan dan keyakinan bahwa Tuhan akan memenuhi janji-Nya. Pemenuhan janji itu akan mendatangkan suka cita dan kita semakin mengakui kebesaran kasih Allah. Bagi Allah tidak ada yang mustahil.

 

PERTANYAAN REFLEKSI

  • Apakah kita yakin dan percaya bahwa segala sesuatu yang kita miliki adalah anugerah Tuhan?
  • Apakah kita mengakui kebesaran Tuhan dan bersikap rendah hati ataukah kita lebih percaya bahwa apa yang kita miliki itu karena kehebatan kita?
  •  Apakah kita memiliki sikap rendah hati, mengakui kelebihan sesama dan memuliakan Allah?

 

PENGENDAPAN

 

USULAN NIAT/ AKSI

  • Lebih bersikap rendah hati dan menyadari anugerah Tuhan bukan kehebatan diri sendiri.
  • Tidak bersikap iri terhadap kelebihan orang lain/ saudara-saudari.

 

DOA UMAT

  • Bagi umat beriman agar semakin memiliki sikap rendah hati di hadapan Tuhan dan sesama.
  • Bagi anggota keluarga agar berani saling menghargai dan menghormati satu sama lain.
  • Bagi mereka yang bertikai semoga mau berdamai dan hidup salaing mengasihi.

 

DOA KELUARGA

Tuhan Yesus,

Engkau menguduskan hidup keluarga dengan hidup-Mu sendiri dalam keluarga kudus di Nazaret. Kami sekeluarga berkumpul di hadapan-Mu untuk membarui penyerahan keluarga kami kepada-Mu.

Kami mohon,

tinggallah dalam keluarga kami ini, dan kuasailah kami. Semoga keluarga kami merupakan pusat kehidupan kristiani di mana kami mengasihi Allah Bapa dengan segenap hati dalam persatuan dengan Dikau, Putra Allah dan gembala kami.

Ya Yesus Kristus,

semoga kami hidup menurut pedoman Injil-Mu, rukun, damai, saling menyayangi dan saling membantu dengan suka hati. Berilah supaya keramahan dan cinta kasih, semangat pengorbanan, kerajinan, dan rejeki yang cukup selalu berada dalam keluarga kami.

Berkatilah kami,

agar janganlah seorang di antara kami menjauh dari pada-Mu, satu-satunya sumber kebahagiaan kami. Dikau kami puji bersama Bapa dan Roh Kudus sekarang dan selama-lamanya.

Amin.

 

DOA BAPA KAMI

 

DOA PENUTUP

Allah yang penuh kasih. Kami mengucap syukur atas warisan rohani yang ditinggalkan oleh Maria dan Elisabeth. Mereka berdua penuh harap dan percaya kepada-Mu. Semoga kami juga menjadi keluarga dan pribadi-pribadi yang penuh harap kepada-Mu dan bersuka-cita atas kasih-Mu. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

 
 
 
mabuseba.org
Jasa website