SSYA


SOLIDARITAS SANTO YUSUP ARIMATEA

Kematian adalah peristiwa yang pasti dialami oleh setiap manusia. Saatnya tidak pernah diketahui, dan bahkan bisa datang secara tiba-tiba.  Maka, setiap orang harus mempersiapkan diri, berjaga-jaga, baik secara rohani maupun jasmani.

Namun, sifatnya yang terkadang mendadak, serta adanya naluri keengganan untuk menerima peristiwa itu terjadi pada diri seseorang, menyebabkan sering tidak adanya persiapan apapun dari pihak keluarga ketika saat itu datang.  Oleh sebab itu, sebagai umat beriman kita seyogyanya merasa solider dan terpanggil untuk saling menolong, membantu meringankan beban sesama yang ditimpa kedukaan, sehingga peristiwa tersebut tidak menimbulkan rasa duka dan putus asa, serta kebingungan yang berlarut-larut bagi keluarga yang ditinggalkan.

Sebagai wujud nyata rasa solidaritas umat untuk saling menolong dan membantu di antara sesama dalam hal kematian, maka Paroki Maria Bunda Segala Bangsa, Kota Wisata, membentuk suatu sub-seksi di bawah koordinasi Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi Dewan Pastoral Paroki (PSE DPP), yang diberi nama Sub-seksi Solidaritas Santo Yusuf Arimatea (SSYA) untuk mewadahi gerakan solidaritas tersebut.

Untuk mengatur tata cara pelayanan SSYA dan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kesalahpahaman yang tidak diinginkan, maka dibuatlah Panduan Pelayanan SSYA ini. Di sini dijelaskan beberapa hal penting untuk diketahui sehubungan dengan pelayanan SSYA. Semoga bisa bermanfaat bagi umat dan pengurus Lingkungan yang ingin memanfaatkan pelayanan SSYA.